Sabtu, 22 Oktober 2011

Teliti Sebelum Bertransaksi



(4 oktober 2011, malam) saya bersama dengan teman sekamar saya pergi berbelanja di salah satu mall yang berada di kota Cilegon, cuma mau beli sabun muka dan sabun mandi serta kerabatnya sih(odol dan diadorant). langsung meluncur ke Hyperma*rt, secara udah tau lokasi dan emang udah biasa belanja disitu. karena udah tau posisi tempat dimana barang-barang yang mau saya beli, lalu dengan cepat saya mengutip semua barang barang yang saya perlukan, ya pastinya saya selalu mengecek harga barang-barang(takut duitnya kurang pas bayar di kasir nanti). menuju kasir dan membayar semua, namun setelah struk saya pegang dan saya baca ternyata eh ternyata...terjadilah percakapan..

Kasir : K
Karyawan hyperm*rt : KH
SPG Ponds hyperm*rt: S
Ane : A

A : mba, kok harga Ponds yang di label sama yang di struk belanjaan beda yak?? (expresi wajah curiga).

K : oh pak, kalo mau nanya bisa ke bagian informasi. (sambil nunjuk kearah pusat informasi)

meluncur ke pusat informasi. tanpa basa basi.

A : mas/mba, kok harga ponds di label sama di struknya beda seribu ya? Lebih mahal di struk.(salah ucap/jawab gw semprot juga lu)
KH : coba mas saya liat struknya (lalu memeriksa dengan data yang ada di komputer disana), bener kok harganya mas
A : mas/mba yang saya bilang itu harganya berbeda dengan harga yang ada pada label ??? (agak keras dikit, takutnya doi bolot)
KH : oh, sebentar ya mas (sambil manggil spg ponds melalui pengeras suara)

nggak lama dateng lah SPG Ponds dengan santai.

KH : apa bener harga di label beda dengan di struk?(sambil mengasih struknya ke SPG Ponds)
S : sebentar saya lihat dulu (balik lagi ke stand ponds)
A : (selisih seribu? Kecil sih tapi kalo di kali seribu orang udh sejuta..hmm)

agak lama dikit dari waktu sewaktu SPG tersebut di panggil melalui pengeras suara. tapi akhirnya dateng juga sih, mungkin aja doi udah nyiapin kata kata mujarab buat pembelaan diri.and then

S : maaf mas saya waktu itu lupa ganti label, ponds ini produk baru/stoknya baru sampe. Saya minta maaf, mas boleh cancel pembelian atau saya ganti pake uang saya selisihnya (sambil rada-rada gemetar)

A : yaudah ga usah di ganti kalo emang harganya segitu, tapi pesan saya tolong labelnya segera di ganti dengan yang baru, kasian pelangan yang lain (dengan nada bijak, hehehe..soalnya doi udh mengakui kesalahaanya dan minta maaf).

KH & S : terimakasih ya mas (sambil manggut2)

yaudah karena masalahnya udah clear saya langsung cabut pulang. eh tiba2 kepikiran pengen nelp orang Tua di rumah, karena posisi saya yang kuliah di luar kota dan harus tinggal ngekos gto. saya biasa komunikasi dengan orang tua saya melalui Es*a, yah biar murah kalo sama operator. langsung aja ambil handphone Es*a saya, pencet nomor dan terdengar suara " nomor anda telah memasuki masa tenggang bla bla bla bla )..huft kudu isi pulsa dulu ternyata, tanpa pikir panjang langsung saya menuju counter terdekat. lalu terjadilah percakapan:

Tukang Pulsa : T
Ane : A

A : mba, ada pulsa Es*a yang 10rb?
T : ada, tapi yang voucher. Yang elektriknya lagi kosong soalnya pending mulu.
A : kenanya berapa mba?
T : 12ribu
A : kalo elektrik (tetep kekeh nyari yangg murah)?
T : sama mas 12 ribu
A : (:hummer, masa sama sih??jleg nelen ludah).
A : yaudah mba saya beli yg voucher aja (ngasih duit 12 ribu).

(Karena saya ga bawa HP, lagi di cas soalnya.saya balik pengen buru-buru isi pulsa, mau nelp papah dan mamah soalnya *rindu...hehe)

(sampe kosan langsung ane teken *900+16digitkodevoucher, tapi dua kali ane coba ga bisa bisa. Operatornya bilang gini 'voucher yg anda masukan sudah tidak berlaku atau apalah saya lupa'..saya cek deh tuh voicher, dan ternyata expirednya bulan sept tahun 2010. gokil expirednya aja sudah ulang tahun?? Udh kayak SK proposal TA elektro di kampus saya yang gak kelar2...sedikit geram ane balik lagi ke tuh counter..wusss naik motor langsung ngacir)

A : mba, kok saya dikasih voucher yang udh expired setahun sih? (nada datar)
T : oh itu udah di perpanjang kok mas
A :(emangnya kartu perdana apa bisa di perpanjang?? Saya juga ga ngerti emang bisa yak??) lho..saya masukin dua kali gagal terus mba.
T : masa sih, saya pernah coba dan bisa kok. Bawa handphonenya gak mas??
A : nggak,lagi di cas mba. Bisa kok saya ambil. Tuh saya tinggal di ujung blok ini(sambil nunjuk tempat tinggal asya)
T : yaudah besok aja mas, soalnya udah mau tutup ni.
A : sebentar kok mba, tunggu ya biar saya ambil.
T : sebenernya udah harus tutup sih mas sekarang.
A : lho..terus pulsa saya gimana? Saya mau pake malam ini.
T : yaudah saya pulangin aja uangnya besok pagi mas dateng aja lagi kesini.
A : (ngambil uang dan langsung cabut, najong amat balik lagi besok pagi mending saya ngisi di temen saya, dan akhirnya saya ngisi di temen saya via sms, dan harganya kena cuma 11rb, bisa ngutang lagi..hehe thanks buat temen saya). Ga lama sms langsung masuk pulsanya.


Duh dalam satu hari saya di pertemukan dengan masalah yang kalo bisa dikatakan adalah sebenernya persoalan yang sama .Pesan saya adalah teliti sebelum melakukan transaksi. baik bagi penjual maupun pembeli, agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

2 komentar:

  1. Saya lebih parah om,...
    dulu di SMA...
    beli susu bantal.
    maen tusuk aja,...
    untung direbut temen,...
    trus di sedot deh sama tuh temen,...
    hmmm,...
    kontan temen saya tuh muntahin lagi tuh susu,...
    orang beli yang full cream tapi isi nya jadi kayak sereal gitu,...
    mana ada kan susu yang sereal??
    ternyata dan selidik punya selidik,tuh susu ada lubangnya. tau deh berlubang kenapa.
    Kita anggep aja tuh susu basi.
    komplen ke koprasi sekolah juga percuma,..
    orang warung kejujuran gitu bentuk nya,...

    Pesan yang bisa di ambil:
    perbanyak lah punya teman yang suka serobot makanan kita,...
    supaya kesehatan perut kita terjaga,...
    :hammer

    BalasHapus
  2. wah, masnya cukup teliti ya. lanjut gan !

    BalasHapus

silahkan komentari " yang membangun ya ? "